Pages

Senin, 23 Januari 2012

Validitas, Reliabilitas dari keseluruhan soal & Tingkat Kesukaran Dan Daya Pembeda

KATA PENGANTAR
            Puji syukur marilah kita panjatkan kekhadirat Allah SWT yang mana telah memberikan kita beribu-ribu nikmat terutama nikmat iman dan nikmat islam, karena berkat rahmat dan iradah-Nya sehingga penulis bisa menyelesaikan makalah ini. Tak lupa shalawat beserta salam penulis curah limpahkan kepada junujungan alam yakni Nabi besar Muhammad SAW tak lupa kepada keluarganya, para sahabatnya dan semoga sampai kepada kita selaku umatnya.
            Penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu hingga terwujudnya makalah ini. Terutama dosen mata kuliah “Evaluasi Pembelajaran PAI” yaitu Hilman Mangkuwibawa, M. Pd beserta dosen-dosen lainnya yang telah memberikan penulis berupa acuan, dorongan dan semangat untuk menjadi lebih baik hingga terwujudnya makalah ini.
            Penulis menyadari bahwa makalah ini jauh dari sempurna. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun demi perbaikan makalah selanjutnya. Semoga makalah ini bermanfa’at bagi kita semua, amiin.


          Bandung,    Januari 2012


        Penulis

BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Evaluasi merupakan suatu tindakan atau kegiatan (yang dilaksanakan dengan maksud untuk) atau suatu proses (yang berlangsung dalam rangka) menentukan nilai dari segala sesuatu dalam dunia pendidikan (yaitu segala sesuatu yang berhubungan dengan, atau yang terjadi di lapangan pendidikan).
Dalam evaluasi itu ada bagian yang menjelaskan tentang tekhnik penyusunan dan pelaksanaan tes hasil belajar, salah satunya adalah tes hasil belajar bentuk obyaktif (objective test) yaitu salah satu jenis tes hasil belajar yang terdiri dari butir-butir soal (items) yang dapat di jawab oleh testee dengan jalan memilih salah satu (atau lebih) diantara beberapa kemungkinan jawaban yang telah di pasangkan pada masing-masing items; atau dengan jalan menuliskan (mengisikan) jawabannya berupa kata-kata atau symbol tertentu pada tempat atau ruang yang telah disediakan untuk masing-masing butir item yang bersangkutan.
Salah satu jenis tes hasil hasil belajar yang saya lakukan dalam penelitian evaluasi pendidikan di lapangan sekolah adalah menggunakan tes objektif bentuk pilihan ganda (multiple choice item test). Tes bentuk objektif multiple choice item adalah salah satu bentuk tes objektif yang terdiri dari pertanyaan atau pernyataan yang sifatnya belum selesai, dan untuk menyelesaikan nya harus dipilih salahsatu atau (lebih) dari beberapa kemungkinan jawab yang telah di sediakan pada tiap-tiap butir soal yang bersangkutan.
B.       Tujuan
Adapun tujuan penulisan ini adalah:
1.    Sebagai laporan pertanggungjawaban pelaksanaan tugas penenlitian uji coba soal di lapangan sekolah pada mata kuliah evaluasi pendidikan,
2.    Sebagai syarat tugas UTS evaluasi pendidikan,
3.    Sebagai ajang pengalaman penelitian pada masa yang akan datang.
C.      Bentuk dan jenis kegiatan
Bentuk jenis kegiatan yang saya lakukan dalam penelitian evaluasi pendidikan di sekolah adalah bentuk uji coba soal tes objektif  pilihan ganda (multiple choice item test).
D.      Tempat dan waktu penyelenggaraan
Tempat dan waktu penyelenggaraan pelaksanaan uji coba soal penelitian sekolah adalah:
·         Tempat penelitian                    : MA Persis 38 Padalarang, Bandung Barat
·         Tangggal penelitian                 : 10 Desember 2011   
·         Jumlah siswa yang diteliti       : 30 siswa
·         Nama Kepala Sekolah            : Syarif Hidayat, S.Ag
  Alamat Penelitian                     : Padalarang, Bandung Barat

BAB II
PEMBAHASAN
A.      Bentuk tes uji coba soal
Nama   :
Kelas     :
Sekolah :
Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d, atau e sebagai jawaban yang paling benar!
1.      Tujuan Allah menciptakan bumi sesuai pada Q.S-Az-Zuhruf ayat 10 …
a.       Untuk bermain-main
b.      Untuk berfoya-foya
c.       Tempat menetap
d.      Untuk memperlancar hubungan
e.       Mencari nafkah

2.      Allah menyediakan kendaraan untuk manusia yang disebutkan pada Q.S Az-Zuhruf ayat 12 berupa …
a.       Kapal terbang
b.      Binatang melata
c.       Binatang ternak
d.      Binatang peliharaan
e.       Mobil

3.      Tujuan Allah agar manusia menjadikan kendaraan sebagai alat transportasi dan sekaligus …
a.       Mempermudah urusan dunia
b.      Mempermudah urusan akhirat
c.       Mengingat dan memperhatikan nikmat Allah
d.      Mempermudah urusan dunia dan akhirat
e.       Untuk meningkatkan kesejahteraan hidup

4.      Apa arti ƒÍyèø9$# dalam Quran Q.S Az-Zuhruf ayat 9 dibawah ini …
ûÈõs9ur OßgtFø9r'y ô`¨B t,n=y{ ÏNºuq»yJ¡¡9$# uÚöF{$#ur £`ä9qà)us9 £`ßgs)n=yz âƒÍyèø9$# ÞOŠÎ=yèø9$# ÇÒÈ
a.       Maha bijaksana
b.      Maha perkasa
c.       Maha mendengar
d.      Maha mengetahui
e.       Maha pemurah

5.      t $oYs9¤yArtinya …
a.       Telah menunjukkan untuk kami
b.      Telah menundukkan kami
c.       Kami telah menundukkannya
d.      Telah mengendalikan kami
e.       Dia telah mengendalikan kami

6.      Arti £`ä9qà)us9 pada Q.S Az-Zuhruf ayat 9 adalah …
a.       Pasti mereka memberi
b.      Pasti mereka mengira
c.       Pasti mereka menjawab
d.      Pasti mereka berakta
e.       Pasti mereka bertanya
7.      Siapa yang di maksud  Me dalam Q.S Az-ZuhrufÍ : 9 di bawah ini …
ûÈõs9ur OßgtFø9r'y ô`¨B t,n=y{ ÏNºuq»yJ¡¡9$# uÚöF{$#ur £`ä9qà)us9 £`ßgs)n=yz âƒÍyèø9$# ÞOŠÎ=yèø9$# ÇÒÈ
a.       Kaum musyrikin Makkah
b.      Kaum muslimin Makkah
c.       Kaum mu’minin Makkah
d.      Kaum musyrikin Madinah
e.       Kaum musyrikin Tha’

8.      Dalam Q.S Az-Zuhruf ayat 13 terdapat do’a ketika kita hendak …
a.       Berwudhu
b.      Bertamu
c.       Pergi ke masjid
d.      Mendapat rezeki
e.       Naik kendaraan

9.      Siapa yang di maksud â ÞOŠÎ=yèø9$#ƒÍyèø9$# dalam surat Q.S Az-Zuhruf di bawah ini …
ûÈõs9ur OßgtFø9r'y ô`¨B t,n=y{ ÏNºuq»yJ¡¡9$# uÚöF{$#ur £`ä9qà)us9 £`ßgs)n=yz âƒÍyèø9$# ÞOŠÎ=yèø9$# ÇÒÈ
a.       Malaikat Jibril
b.      Allah
c.       Nabi Muhammad
d.      Al-Qur’an
e.       Al-Hadits
10.  ylºurøF{$# t,n=y{Ï%©!$#ur  Kalimat yang bergaris bawah mempunyai arti …
a.       Bertepatan
b.      Berpasangan
c.       Suami
d.      Isteri
e.       Suami isteri

11.  tbqç6x.ös?$tB Artinya …
a.       Kendaraan kamu
b.      Apa-apa yang mereka kendarai
c.       Apa-apa yang kamu sekalian kendarai
d.      Yang mereka naiki
e.       Menjadi kendaraan tunggangan

12.  ûüÏR̍ø)ãB Artinya …
a.       Mendekati
b.      Dikendalikan
c.       Menguasai/mengendalikan
d.      Pengendalian
e.       Menyertai

13.  Perbuatan menyekutukan Allah disebut Syirik sedangkan pelakunya di sebut …
a.       Munafiq
b.      Musyrik
c.       Fasik
d.      Atsim
e.       Kafir

14.  Menjaga dan memelihara semua nikmat pemberian Allah sesuai dengan ketentuan-Nya merupakan …
a.       Syukur nikmat
b.      Merasakan nikmat
c.       Memohon nikmat
d.      Kufur nikmat
e.       Memanfaatkan nikmat

15.  Dalam Q.S Ibrahim ayat 7, Allah menjamin akan memberikan hambanya nikmat yang bertambah apabila ia mau …
a.       Rela terhadap nikmat tersebut
b.      Pandai mensyukuri nikmat
c.       Menikmati karunianya
d.      Menerima sesuai dengan bagiannya
e.       Memelihara kenikmatan

16.  Komputer pada suatu saat bisa jadi menjadi berhala bila seseorang menganggap …
a.       Sebagai perangkat lunak
b.      Sebagai alat bantu menulis
c.       Sebagai satu-satunya alat yang canggih
d.      Sebagai Tuhan
e.       Sebagai sesuatu yang sangat dikagumi

17.  Dalam surat apa dan ayat ke berapa tentang nikmat Allah dan cara mensyukurinya …
a.       At-Taubah ayat 3-8
b.      Al-Isra 78
c.       Al-Fatihah 2
d.      Al-Imran 34
e.       Az-Zuhruf ayat 9-13
18.  Apa perbedaan arti dari Syirik dan Syukur?
a.       Menyekutukan Allah dan menjaga dan memelihara nikmat Allah
b.      Menyembah Allah dan mensyukuri nikmat Allah
c.       Meninggalkan perintahnya dan menjauhi larangannya
d.      Meninggalkan Allah dan kufur terhadap nikmatnya
e.       Menyekutukan Allah dan kufur terhadap nikmatnya

19.  Diantara kalimat ini Allah akan menjamin memberikan hambanya nikmat yang bertambah, kecuali…
a.       Mempergunakan nikmatnya dengan baik
b.      Pandai mensyukuri nikmat
c.       Menikmati apa yang telah diberikannya
d.      Mendzalimi nikmat yang telah diberikan
e.       Memelihara nikmatnya

20.  Dengan cara apakakah agar kita bisa bertambahnya nikmat yang Allah akan berikan?
a.       Menjauhi nikmat Allah
b.      Mengkufuri nikmat Allah
c.       Mendzalimi nikmat Allah
d.      Meniadakan nikmat Allah
e.       Mensyukuri nikmat Allah
 Tabel No Item


NOMOR ITEM
No Nama Siswa 1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16 17 18 19 20 XT
1 Deden Syarif H 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 20
2 Tuti Alawiyah 1 1 1 1 1 1 0 1 1 1 1 1 1 1 1 1 0 1 1 1 18
3 Aat Atmaja 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 0 0 1 1 1 1 1 0 1 17
4 Ari Adi Putera 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 0 0 1 1 1 1 1 0 1 17
5 Dede Muhidin 1 1 1 1 1 1 0 1 1 1 1 0 1 1 1 1 1 1 0 1 17
6 Ersad Pernama 1 1 1 1 1 1 0 1 1 1 1 1 1 0 1 1 1 1 1 0 17
7 Dede Hermawan 1 1 1 1 0 1 0 1 1 1 1 1 1 0 1 1 0 1 1 1 16
8 Hamdika Kamal 1 1 1 1 1 1 0 1 1 1 1 1 0 0 1 1 1 1 1 0 16
9 Burdan Shodiq 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 0 1 1 0 1 1 0 1 1 0 16
10 Sutrisno 1 1 1 1 0 0 1 1 1 1 1 1 1 0 1 1 1 1 1 0 16
11 Asep Utar S 1 1 1 1 0 0 1 1 1 1 1 1 1 0 1 1 1 1 1 0 16
12 Irfan Sofiana 1 0 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 1 0 0 1 1 0 16
13 Syifa Nur Azizah 1 1 1 1 1 1 1 0 1 1 1 1 1 0 1 0 0 1 1 1 16
14 Rini Komariah 1 1 1 1 1 1 0 1 0 1 1 1 1 1 1 0 0 1 1 0 15
15 Nendah Faridah 1 1 0 1 0 1 0 1 1 1 1 1 1 1 0 1 0 1 1 1 15
16 Rini Dwi Utari 1 1 1 1 1 1 0 1 1 1 1 1 0 0 1 1 0 1 1 0 15
17 Zubaikha 1 1 1 1 1 1 1 0 1 1 1 1 0 0 1 1 0 1 1 0 15
18 Oom Romilah 1 1 1 1 1 1 1 0 1 1 1 0 1 1 1 0 0 1 1 0 15
19 Agus Saepulloh 1 0 1 1 1 0 1 1 1 1 1 1 1 0 1 0 0 1 1 1 15
20 Moch. Fattah 1 0 0 1 0 1 0 1 1 1 1 1 1 0 1 1 0 1 1 1 14
21 Bobi Herlambang 1 1 1 1 0 0 1 1 0 1 1 1 1 0 1 1 0 1 1 0 14
22 Hilmi Fuadudin 1 1 1 1 0 1 0 1 1 1 1 0 0 1 1 0 1 1 1 0 14
23 Siti Kholilah 1 0 1 1 1 0 1 1 1 1 0 1 1 0 1 1 0 1 1 0 14
24 Nur Ali Rianto 1 1 1 1 1 0 0 1 1 1 1 1 1 1 1 1 0 0 0 0 14
25 Oi Bukhari 1 1 1 1 0 1 0 0 1 1 1 1 1 0 1 1 0 0 1 0 13
26 Dewiati Adam S 1 1 1 1 1 0 1 1 1 1 1 0 0 0 1 1 0 1 0 0 13
27 Maya Maesaroh 1 1 1 1 1 1 0 1 1 1 1 0 0 0 0 1 0 1 1 0 13
28 Wulandari 1 1 1 1 0 1 0 1 1 1 1 0 0 0 1 1 0 0 1 1 13
29 Shoffa Fitrianur 1 1 0 1 1 0 0 1 1 1 1 1 0 0 1 0 0 1 1 1 13
30 Soni Supriatna 1 0 1 1 1 1 1 1 1 0 1 0 0 1 1 1 0 1 1 0 13
∑ 30 25 27 30 20 22 15 26 28 29 28 21 19 12 28 23 9 27 25 12 456

Validitas
Validitas item nomor 1
No X Y X2 Y2 XY
1 1 20 1 400 20
2 1 18 1 324 18
3 1 17 1 289 17
4 1 17 1 289 17
5 1 17 1 289 17
6 1 17 1 289 17
7 1 16 1 256 16
8 1 16 1 256 16
9 1 16 1 256 16
10 1 16 1 256 16
11 1 16 1 256 16
12 1 16 1 256 16
13 1 16 1 256 16
14 1 15 1 255 15
15 1 15 1 255 15
16 1 15 1 255 15
17 1 15 1 255 15
18 1 15 1 255 15
19 1 15 1 255 15
20 1 14 1 196 14
21 1 14 1 196 14
22 1 14 1 196 14
23 1 14 1 196 14
24 1 14 1 196 14
25 1 13 1 169 13
26 1 13 1 169 13
27 1 13 1 169 13
28 1 13 1 169 13
29 1 13 1 169 13
30 1 13 1 169 13
∑ 30 456 30 7016 456

r_xy=(N ∑XY-(∑X)(∑Y))/(√({N∑X^2 ┤ )-(∑X)^2 ├ ,}{N∑Y^2-(∑Y)^2 } )
(30.456-(30).(456))/(√({30.30┤ )-(30)^2 ├ ,}{30.7016-(456)^2 } )
(13680-13680)/(√({900-900} ) {210480-207936} )
0/(√({0} ) {2544} )
0/√0
0/0
0
Penapsiran validitas item no 1
Validitas item no 1 adalah 0 maka dapat di ketahui bahwa validitas untuk item tersebut setelah di interpretasikan ke dalam koefisien korelasi, termasuk ke dalam tidak validitas

Validitas item nomor 2
No X Y X2 Y2 XY
1 1 20 1 400 20
2 1 18 1 324 18
3 1 17 1 289 17
4 1 17 1 289 17
5 1 17 1 289 17
6 1 17 1 289 17
7 1 16 1 256 16
8 1 16 1 256 16
9 1 16 1 256 16
10 1 16 1 256 16
11 1 16 1 256 16
12 0 16 0 256 0
13 1 16 1 256 16
14 1 15 1 255 15
15 1 15 1 255 15
16 1 15 1 255 15
17 1 15 1 255 15
18 1 15 1 255 15
19 0 15 0 255 0
20 0 14 0 196 0
21 1 14 1 196 14
22 1 14 1 196 14
23 0 14 0 196 0
24 1 14 1 196 14
25 1 13 1 169 13
26 1 13 1 169 13
27 1 13 1 169 13
28 1 13 1 169 13
29 1 13 1 169 13
30 0 13 0 169 0
∑ 25 456 25 7016 397

r_xy=(N ∑XY-(∑X)(∑Y))/(√({N∑X^2 ┤ )-(∑X)^2 ├ ,}{N∑Y^2-(∑Y)^2 } )
(30.397-(25).(456))/(√({30.25┤ )-(25)^2 ├ ,}{30.7016-(456)^2 } )
(11910-11400)/(√({750-625} ) {210480-207936} )
510/(√({125} ) {2544} )
510/√318000
510/563,91
0,90
Penapsiran validitas item no 2
Validitas item no 2 adalah 0, 904 maka dapat di ketahui bahwa validitas untuk item tersebut setelah di interpretasikan ke dalam koefisien korelasi, termasuk ke dalam tidak Validitas

Validitas item nomor 3
No X Y X2 Y2 XY
1 1 20 1 400 20
2 1 18 1 324 18
3 1 17 1 289 17
4 1 17 1 289 17
5 1 17 1 289 17
6 1 17 1 289 17
7 1 16 1 256 16
8 1 16 1 256 16
9 1 16 1 256 16
10 1 16 1 256 16
11 1 16 1 256 16
12 1 16 1 256 16
13 1 16 1 256 16
14 1 15 1 255 15
15 0 15 0 255 0
16 1 15 1 255 15
17 1 15 1 255 15
18 1 15 1 255 15
19 1 15 1 255 15
20 0 14 0 196 0
21 1 14 1 196 14
22 1 14 1 196 14
23 1 14 1 196 14
24 1 14 1 196 14
25 1 13 1 169 13
26 1 13 1 169 13
27 1 13 1 169 13
28 1 13 1 169 13
29 0 13 0 169 0
30 1 13 1 169 13
∑ 27 456 27 7016 414

r_xy=(N ∑XY-(∑X)(∑Y))/(√({N∑X^2 ┤ )-(∑X)^2 ├ ,}{N∑Y^2-(∑Y)^2 } )
(30.414-(27).(456))/(√({30.27┤ )-(27)^2 ├ ,}{30.7016-(456)^2 } )
(12420-12312)/(√({810-729} ) {210480-207936} )
108/(√({81} ) {2544} )
108/√206064
108/453,94
0,23
Penapsiran validitas item no 3
Validitas item no 3 adalah 0, 23 maka dapat di ketahui bahwa validitas untuk item tersebut setelah di interpretasikan ke dalam koefisien korelasi, termasuk ke dalam tidak Validitas

Validitas item nomor 4
No X Y X2 Y2 XY
1 1 20 1 400 20
2 1 18 1 324 18
3 1 17 1 289 17
4 1 17 1 289 17
5 1 17 1 289 17
6 1 17 1 289 17
7 1 16 1 256 16
8 1 16 1 256 16
9 1 16 1 256 16
10 1 16 1 256 16
11 1 16 1 256 16
12 1 16 1 256 16
13 1 16 1 256 16
14 1 15 1 255 15
15 1 15 1 255 15
16 1 15 1 255 15
17 1 15 1 255 15
18 1 15 1 255 15
19 1 15 1 255 15
20 1 14 1 196 14
21 1 14 1 196 14
22 1 14 1 196 14
23 1 14 1 196 14
24 1 14 1 196 14
25 1 13 1 169 13
26 1 13 1 169 13
27 1 13 1 169 13
28 1 13 1 169 13
29 1 13 1 169 13
30 1 13 1 169 13
∑ 30 456 30 7016 456

r_xy=(N ∑XY-(∑X)(∑Y))/(√({N∑X^2 ┤ )-(∑X)^2 ├ ,}{N∑Y^2-(∑Y)^2 } )
(30.456-(30).(456))/(√({30.30┤ )-(30)^2 ├ ,}{30.7016-(456)^2 } )
(13680-13680)/(√({900-900} ) {210480-207936} )
0/(√({0} ) {2544} )
0/√0
0/0
0
Penapsiran validitas item no 4
Validitas item no 4 adalah 0 maka dapat di ketahui bahwa validitas untuk item tersebut setelah di interpretasikan ke dalam koefisien korelasi, termasuk ke dalam tidak validitas

Validitas item nomor 5
No X Y X2 Y2 XY
1 1 20 1 400 20
2 1 18 1 324 18
3 1 17 1 289 17
4 1 17 1 289 17
5 1 17 1 289 17
6 1 17 1 289 17
7 0 16 0 256 0
8 1 16 1 256 16
9 1 16 1 256 16
10 0 16 0 256 0
11 0 16 0 256 0
12 1 16 1 256 16
13 1 16 1 256 16
14 1 15 1 255 15
15 0 15 0 255 0
16 1 15 1 255 15
17 1 15 1 255 15
18 1 15 1 255 15
19 1 15 1 255 15
20 0 14 0 196 0
21 0 14 0 196 0
22 0 14 0 196 0
23 1 14 1 196 14
24 1 14 1 196 14
25 0 13 0 169 0
26 1 13 1 169 13
27 1 13 1 169 13
28 0 13 0 169 0
29 1 13 1 169 13
30 1 13 1 169 13
∑ 20 456 20 7016 312

r_xy=(N ∑XY-(∑X)(∑Y))/(√({N∑X^2 ┤ )-(∑X)^2 ├ ,}{N∑Y^2-(∑Y)^2 } )
(30.312-(20)(456))/(√({30.20┤ )-(20)^2 ├ ,}{30.7016-(456)^2 } )
(9360-9120)/(√({6000-400} ) {210480-207936} )
240/(√({5600} ) {2544} )
240/√14246400
240/3774,44
0,06
Penapsiran validitas item no 5
Validitas item no 5 adalah 0, 063 maka dapat di ketahui bahwa validitas untuk item tersebut setelah di interpretasikan ke dalam koefisien korelasi, termasuk ke dalam tidak Validitas

Validitas item nomor 6
No X Y X2 Y2 XY
1 1 20 1 400 20
2 1 18 1 324 18
3 1 17 1 289 17
4 1 17 1 289 17
5 1 17 1 289 17
6 1 17 1 289 17
7 1 16 1 256 16
8 1 16 1 256 16
9 1 16 1 256 16
10 0 16 0 256 0
11 0 16 0 256 0
12 1 16 1 256 16
13 1 16 1 256 16
14 1 15 1 255 15
15 1 15 1 255 15
16 1 15 1 255 15
17 1 15 1 255 15
18 1 15 1 255 15
19 0 15 0 255 0
20 1 14 1 196 14
21 0 14 0 196 0
22 1 14 1 196 14
23 0 14 0 196 0
24 0 14 0 196 0
25 1 13 1 169 13
26 0 13 0 169 0
27 1 13 1 169 13
28 1 13 1 169 13
29 0 13 0 169 0
30 1 13 1 169 13
∑ 22 456 22 7016 341

r_xy=(N ∑XY-(∑X)(∑Y))/(√({N∑X^2 ┤ )-(∑X)^2 ├ ,}{N∑Y^2-(∑Y)^2 } )
(30.341-(22).(456))/(√({30.22┤ )-(22)^2 ├ ,}{30.7016-(456)^2 } )
(10230-10032)/(√({660-484} ) {210480-207936} )
198/(√({176} ) {2544} )
198/√447744
198/669,4
0,29
Penapsiran validitas item no 6
Validitas item no 6 adalah 0, 29 maka dapat di ketahui bahwa validitas untuk item tersebut setelah di interpretasikan ke dalam koefisien korelasi, termasuk ke dalam tidak Validitas

Validitas item nomor 7

No X Y X2 Y2 XY
1 1 20 1 400 20
2 0 18 0 324 0
3 1 17 1 289 17
4 1 17 1 289 17
5 0 17 0 289 0
6 0 17 0 289 0
7 0 16 0 256 0
8 0 16 0 256 0
9 1 16 1 256 16
10 1 16 1 256 16
11 1 16 1 256 16
12 1 16 1 256 16
13 1 16 1 256 16
14 0 15 0 255 0
15 0 15 0 255 0
16 0 15 0 255 0
17 1 15 1 255 15
18 1 15 1 255 15
19 1 15 1 255 15
20 0 14 0 196 0
21 1 14 1 196 14
22 0 14 0 196 0
23 1 14 1 196 14
24 0 14 0 196 0
25 0 13 0 169 0
26 1 13 1 169 13
27 0 13 0 169 0
28 0 13 0 169 0
29 0 13 0 169 0
30 1 13 1 169 13
∑ 15 456 15 7016 251

r_xy=(N ∑XY-(∑X)(∑Y))/(√({N∑X^2 ┤ )-(∑X)^2 ├ ,}{N∑Y^2-(∑Y)^2 } )
(30.251-(15).(456))/(√({30.15┤ )-(15)^2 ├ ,}{30.7016-(456)^2 } )
(7530-6840)/(√({450-225} ) {210480-207936} )
690/(√({225} ) {2544} )
690/√572400
690/756,57
0,912
Penapsiran validitas item no 7
Validitas item no 7 adalah 0, 912 maka dapat di ketahui bahwa validitas untuk item tersebut setelah di interpretasikan ke dalam koefisien korelasi, termasuk ke dalam Validitas

Validitas item nomor 8

No X Y X2 Y2 XY
1 1 20 1 400 20
2 1 18 1 324 18
3 1 17 1 289 17
4 1 17 1 289 17
5 1 17 1 289 17
6 1 17 1 289 17
7 1 16 1 256 16
8 1 16 1 256 16
9 1 16 1 256 16
10 1 16 1 256 16
11 1 16 1 256 16
12 1 16 1 256 16
13 0 16 0 256 0
14 1 15 1 255 15
15 1 15 1 255 15
16 1 15 1 255 15
17 0 15 0 255 0
18 0 15 0 255 0
19 1 15 1 255 15
20 1 14 1 196 14
21 1 14 1 196 14
22 1 14 1 196 14
23 1 14 1 196 14
24 1 14 1 196 14
25 0 13 0 169 0
26 1 13 1 169 13
27 1 13 1 169 13
28 1 13 1 169 13
29 1 13 1 169 13
30 1 13 1 169 13
∑ 26 456 26 7016 397

r_xy=(N ∑XY-(∑X)(∑Y))/(√({N∑X^2 ┤ )-(∑X)^2 ├ ,}{N∑Y^2-(∑Y)^2 } )
(30.397-(26).(456))/(√({30.26┤ )-(26)^2 ├ ,}{30.7016-(456)^2 } )
(11910-11856)/(√({780-676} ) {210480-207936} )
54/(√({104} ) {2544} )
54/√264576
54/514,37
0,10
Penapsiran validitas item no 8
Validitas item no 8 adalah 0, 10 maka dapat di ketahui bahwa validitas untuk item tersebut setelah di interpretasikan ke dalam koefisien korelasi, termasuk ke dalam tidak Validitas

Validitas item nomor 9
No X Y X2 Y2 XY
1 1 20 1 400 20
2 1 18 1 324 18
3 1 17 1 289 17
4 1 17 1 289 17
5 1 17 1 289 17
6 1 17 1 289 17
7 1 16 1 256 16
8 1 16 1 256 16
9 1 16 1 256 16
10 1 16 1 256 16
11 1 16 1 256 16
12 1 16 1 256 16
13 1 16 1 256 16
14 0 15 0 255 0
15 1 15 1 255 15
16 1 15 1 255 15
17 1 15 1 255 15
18 1 15 1 255 15
19 1 15 1 255 15
20 1 14 1 196 14
21 0 14 0 196 0
22 1 14 1 196 14
23 1 14 1 196 14
24 1 14 1 196 14
25 1 13 1 169 13
26 1 13 1 169 13
27 1 13 1 169 13
28 1 13 1 169 13
29 1 13 1 169 13
30 1 13 1 169 13
∑ 28 456 28 7016 427


r_xy=(N ∑XY-(∑X)(∑Y))/(√({N∑X^2 ┤ )-(∑X)^2 ├ ,}{N∑Y^2-(∑Y)^2 } )
(30.427-(28).(456))/(√({30.28┤ )-(28)^2 ├ ,}{30.7016-(456)^2 } )
(12810-12768)/(√({840-784} ) {210480-207936} )
42/(√({56} ) {2544} )
42/√142464
42/377,44
0,11
Penapsiran validitas item no 9
Validitas item no adalah 0, 11 maka dapat di ketahui bahwa validitas untuk item tersebut setelah di interpretasikan ke dalam koefisien korelasi, termasuk ke dalam tidak Validitas
Validitas item nomor 10
No X Y X2 Y2 XY
1 1 20 1 400 20
2 1 18 1 324 18
3 1 17 1 289 17
4 1 17 1 289 17
5 1 17 1 289 17
6 1 17 1 289 17
7 1 16 1 256 16
8 1 16 1 256 16
9 1 16 1 256 16
10 1 16 1 256 16
11 1 16 1 256 16
12 1 16 1 256 16
13 1 16 1 256 16
14 1 15 1 255 15
15 1 15 1 255 15
16 1 15 1 255 15
17 1 15 1 255 15
18 1 15 1 255 15
19 1 15 1 255 15
20 1 14 1 196 14
21 1 14 1 196 14
22 1 14 1 196 14
23 1 14 1 196 14
24 1 14 1 196 14
25 1 13 1 169 13
26 1 13 1 169 13
27 1 13 1 169 13
28 1 13 1 169 13
29 1 13 1 169 13
30 0 13 0 169 0
∑ 29 456 29 7016 443

r_xy=(N ∑XY-(∑X)(∑Y))/(√({N∑X^2 ┤ )-(∑X)^2 ├ ,}{N∑Y^2-(∑Y)^2 } )
(30.443-(29).(456))/(√({30.29┤ )-(29├ ,}{30.7016-(456)^2 } )
(13290-13224)/(√({870-841} ) {210480-207936} )
66/(√({29} ) {2544} )
66/√73776
66/271,62
0,24
Penapsiran validitas item no 10
Validitas item no 10 adalah 0, 24 maka dapat di ketahui bahwa validitas untuk item tersebut setelah di interpretasikan ke dalam koefisien korelasi, termasuk ke dalam Validitas

Validitas item nomor 11
No X Y X2 Y2 XY
1 1 20 1 400 20
2 1 18 1 324 18
3 1 17 1 289 17
4 1 17 1 289 17
5 1 17 1 289 17
6 1 17 1 289 17
7 1 16 1 256 16
8 1 16 1 256 16
9 0 16 0 256 0
10 1 16 1 256 16
11 1 16 1 256 16
12 1 16 1 256 16
13 1 16 1 256 16
14 1 15 1 255 15
15 1 15 1 255 15
16 1 15 1 255 15
17 1 15 1 255 15
18 1 15 1 255 15
19 1 15 1 255 15
20 1 14 1 196 14
21 1 14 1 196 14
22 1 14 1 196 14
23 0 14 0 196 0
24 1 14 1 196 14
25 1 13 1 169 13
26 1 13 1 169 13
27 1 13 1 169 13
28 1 13 1 169 13
29 1 13 1 169 13
30 1 13 1 169 13
∑ 28 456 28 7016 426

r_xy=(N ∑XY-(∑X)(∑Y))/(√({N∑X^2 ┤ )-(∑X)^2 ├ ,}{N∑Y^2-(∑Y)^2 } )
(30.426-(28).(456))/(√({30.28┤ )-(28)^2 ├ ,}{30.7016-(456)^2 } )
(13680-12768)/(√({840-784} ) {210480-207936} )
912/(√({56} ) {2544} )
912/√142464
912/377,44
2,41

Penapsiran validitas item no 11
Validitas item no 11 adalah 0, 41 maka dapat di ketahui bahwa validitas untuk item tersebut setelah di interpretasikan ke dalam koefisien korelasi, termasuk ke dalam Validitas

Validitas item nomor 12
No X Y X2 Y2 XY
1 1 20 1 400 20
2 1 18 1 324 18
3 0 17 0 289 0
4 0 17 0 289 0
5 0 17 0 289 0
6 1 17 1 289 17
7 1 16 1 256 16
8 1 16 1 256 16
9 1 16 1 256 16
10 1 16 1 256 16
11 1 16 1 256 16
12 1 16 1 256 16
13 1 16 1 256 16
14 1 15 1 255 15
15 1 15 1 255 15
16 1 15 1 255 15
17 1 15 1 255 15
18 0 15 0 255 0
19 1 15 1 255 15
20 1 14 1 196 14
21 1 14 1 196 14
22 0 14 0 196 0
23 1 14 1 196 14
24 1 14 1 196 14
25 1 13 1 169 13
26 0 13 0 169 0
27 0 13 0 169 0
28 0 13 0 169 0
29 1 13 1 169 13
30 0 13 0 169 0
∑ 21 456 21 7016 341

r_xy=(N ∑XY-(∑X)(∑Y))/(√({N∑X^2 ┤ )-(∑X)^2 ├ ,}{N∑Y^2-(∑Y)^2 } )
(30.341-(21).(456))/(√({30.21┤ )-(21)^2 ├ ,}{30.7016-(456)^2 } )
(10230-9576)/(√({630-441} ) {210480-207936} )
654/(√({189} ) {2544} )
654/√480816
654/480816
0,94

Penapsiran validitas item no 12
Validitas item no 12 adalah 0, 94 maka dapat di ketahui bahwa validitas untuk item tersebut setelah di interpretasikan ke dalam koefisien korelasi, termasuk ke dalam Validitas

Validitas item nomor 13
No X Y X2 Y2 XY
1 1 20 1 400 20
2 1 18 1 324 18
3 0 17 0 289 0
4 0 17 0 289 0
5 1 17 1 289 0
6 1 17 1 289 17
7 1 16 1 256 16
8 0 16 0 256 16
9 1 16 1 256 16
10 1 16 1 256 16
11 1 16 1 256 16
12 1 16 1 256 16
13 1 16 1 256 16
14 1 15 1 255 15
15 1 15 1 255 15
16 0 15 0 255 15
17 0 15 0 255 15
18 1 15 1 255 0
19 1 15 1 255 15
20 1 14 1 196 14
21 1 14 1 196 14
22 0 14 0 196 0
23 1 14 1 196 14
24 1 14 1 196 14
25 1 13 1 169 13
26 0 13 0 169 0
27 0 13 0 169 0
28 0 13 0 169 0
29 0 13 0 169 13
30 0 13 0 169 0
∑ 19 456 19 7016 297

r_xy=(N ∑XY-(∑X)(∑Y))/(√({N∑X^2 ┤ )-(∑X)^2 ├ ,}{N∑Y^2-(∑Y)^2 } )
(30.297-(19).(456))/(√({30.19┤ )-(19)^2 ├ ,}{30.7016-(456)^2 } )
(8910-8664)/(√({570-361} ) {210480-207936} )
246/(√({209} ) {2544} )
246/√531696
246/729,17
0,33

Penapsiran validitas item no 13
Validitas item no 13adalah 0, 33 maka dapat di ketahui bahwa validitas untuk item tersebut setelah di interpretasikan ke dalam koefisien korelasi, termasuk ke dalam Validitas

Validitas item nomor 14
No X Y X2 Y2 XY
1 1 20 1 400 20
2 1 18 1 324 18
3 1 17 1 289 0
4 1 17 1 289 0
5 1 17 1 289 0
6 0 17 0 289 17
7 0 16 0 256 16
8 0 16 0 256 16
9 0 16 0 256 16
10 0 16 0 256 16
11 0 16 0 256 16
12 1 16 1 256 16
13 0 16 0 256 16
14 1 15 1 255 15
15 1 15 1 255 15
16 0 15 0 255 15
17 0 15 0 255 15
18 1 15 1 255 0
19 0 15 0 255 15
20 0 14 0 196 14
21 0 14 0 196 14
22 1 14 1 196 0
23 0 14 0 196 14
24 1 14 1 196 14
25 0 13 0 169 13
26 0 13 0 169 0
27 0 13 0 169 0
28 0 13 0 169 0
29 0 13 0 169 13
30 1 13 1 169 0
∑ 12 456 12 7016 191

r_xy=(N ∑XY-(∑X)(∑Y))/(√({N∑X^2 ┤ )-(∑X)^2 ├ ,}{N∑Y^2-(∑Y)^2 } )
(30.191-(12).(456))/(√({30.12┤ )-(12)^2 ├ ,}{30.7016-(456)^2 } )
(5730-5472)/(√({360-144} ) {210480-207936} )
258/(√({216} ) {2544} )
258/√549504
258/741,28
0,34

Penapsiran validitas item no 14
Validitas item no 14adalah 0, 34 maka dapat di ketahui bahwa validitas untuk item tersebut setelah di interpretasikan ke dalam koefisien korelasi, termasuk ke dalam Validitas

Validitas item nomor 15
No X Y X2 Y2 XY
1 1 20 1 400 20
2 1 18 1 324 18
3 1 17 1 289 0
4 1 17 1 289 0
5 1 17 1 289 0
6 1 17 1 289 17
7 1 16 1 256 16
8 1 16 1 256 16
9 1 16 1 256 16
10 1 16 1 256 16
11 1 16 1 256 16
12 1 16 1 256 16
13 1 16 1 256 16
14 1 15 1 255 15
15 0 15 0 255 15
16 1 15 1 255 15
17 1 15 1 255 15
18 1 15 1 255 0
19 1 15 1 255 15
20 1 14 1 196 14
21 1 14 1 196 14
22 1 14 1 196 0
23 1 14 1 196 14
24 1 14 1 196 14
25 1 13 1 169 13
26 1 13 1 169 0
27 0 13 0 169 0
28 1 13 1 169 0
29 1 13 1 169 13
30 1 13 1 169 0
∑ 28 456 28 7016 428

r_xy=(N ∑XY-(∑X)(∑Y))/(√({N∑X^2 ┤ )-(∑X)^2 ├ ,}{N∑Y^2-(∑Y)^2 } )
(30.428-(28).(456))/(√({30.28┤ )-(28)^2 ├ ,}{30.7016-(456)^2 } )
(12840-12768)/(√({840-784} ) {210480-207936} )
72/(√({56} ) {2544} )
72/√142464
72/377,44
0,19

Penapsiran validitas item no 15
Validitas item no 15 adalah 0, 19 maka dapat di ketahui bahwa validitas untuk item tersebut setelah di interpretasikan ke dalam koefisien korelasi, termasuk ke dalam tidak Validitas

Validitas item nomor 16
No X Y X2 Y2 XY
1 1 20 1 400 20
2 1 18 1 324 18
3 1 17 1 289 0
4 1 17 1 289 0
5 1 17 1 289 0
6 1 17 1 289 17
7 1 16 1 256 16
8 1 16 1 256 16
9 1 16 1 256 16
10 1 16 1 256 16
11 1 16 1 256 16
12 0 16 0 256 16
13 0 16 0 256 16
14 0 15 0 255 15
15 1 15 1 255 15
16 1 15 1 255 15
17 1 15 1 255 15
18 0 15 0 255 0
19 0 15 0 255 15
20 1 14 1 196 14
21 1 14 1 196 14
22 0 14 0 196 0
23 1 14 1 196 14
24 1 14 1 196 14
25 1 13 1 169 13
26 1 13 1 169 0
27 1 13 1 169 0
28 1 13 1 169 0
29 0 13 0 169 13
30 1 13 1 169 0
∑ 23 456 23 7016 352

r_xy=(N ∑XY-(∑X)(∑Y))/(√({N∑X^2 ┤ )-(∑X)^2 ├ ,}{N∑Y^2-(∑Y)^2 } )

(30.352-(23).(456))/(√({30.23┤ )-(23)^2 ├ ,}{30.7016-(456)^2 } )
(10560-10488)/(√({690-529} ) {210480-207936} )
72/(√({161} ) {2544} )
72/√409584
72/639,99
0,11
Penapsiran validitas item no 16
Validitas item no 16 adalah 0, 11 maka dapat di ketahui bahwa validitas untuk item tersebut setelah di interpretasikan ke dalam koefisien korelasi, termasuk ke dalam tidak Validitas

Validitas item nomor 17
No X Y X2 Y2 XY
1 1 20 1 400 20
2 0 18 0 324 18
3 1 17 1 289 0
4 1 17 1 289 0
5 1 17 1 289 0
6 1 17 1 289 17
7 0 16 0 256 16
8 1 16 1 256 16
9 0 16 0 256 16
10 1 16 1 256 16
11 1 16 1 256 16
12 0 16 0 256 16
13 0 16 0 256 16
14 0 15 0 255 15
15 0 15 0 255 15
16 0 15 0 255 15
17 0 15 0 255 15
18 0 15 0 255 0
19 0 15 0 255 15
20 0 14 0 196 14
21 0 14 0 196 14
22 1 14 1 196 0
23 0 14 0 196 14
24 0 14 0 196 14
25 0 13 0 169 13
26 0 13 0 169 0
27 0 13 0 169 0
28 0 13 0 169 0
29 0 13 0 169 13
30 0 13 0 169 0
∑ 9 456 9 7016 150

r_xy=(N ∑XY-(∑X)(∑Y))/(√({N∑X^2 ┤ )-(∑X)^2 ├ ,}{N∑Y^2-(∑Y)^2 } )

(30.150-(9).(456))/(√({30.9┤ )-(9)^2 ├ ,}{30.7016-(456)^2 } )
(4500-4154)/(√({270-81} ) {210480-207936} )
396/(√({189} ) {2544} )
396/√480816
396/693,40
0,57
Penapsiran validitas item no 18
Validitas item no 18 adalah 0, 57 maka dapat di ketahui bahwa validitas untuk item tersebut setelah di interpretasikan ke dalam koefisien korelasi, termasuk ke dalam Validitas

Validitas item nomor 18
No X Y X2 Y2 XY
1 1 20 1 400 20
2 1 18 1 324 18
3 1 17 1 289 0
4 1 17 1 289 0
5 1 17 1 289 0
6 1 17 1 289 17
7 1 16 1 256 16
8 1 16 1 256 16
9 1 16 1 256 16
10 1 16 1 256 16
11 1 16 1 256 16
12 1 16 1 256 16
13 1 16 1 256 16
14 1 15 1 255 15
15 1 15 1 255 15
16 1 15 1 255 15
17 1 15 1 255 15
18 1 15 1 255 0
19 1 15 1 255 15
20 1 14 1 196 14
21 1 14 1 196 14
22 1 14 1 196 0
23 1 14 1 196 14
24 0 14 0 196 14
25 0 13 0 169 13
26 1 13 1 169 0
27 1 13 1 169 0
28 0 13 0 169 0
29 1 13 1 169 13
30 1 13 1 169 0
∑ 27 456 27 7016 416

r_xy=(N ∑XY-(∑X)(∑Y))/(√({N∑X^2 ┤ )-(∑X)^2 ├ ,}{N∑Y^2-(∑Y)^2 } )

(30.416-(27).(456))/(√({30.28┤ )-(28)^2 ├ ,}{30.7016-(456)^2 } )
(12480-12312)/(√({810-729} ) {210480-207936} )
168/(√({81} ) {2544} )
168/√206064
168/453,94
0,37
Penapsiran validitas item no 18
Validitas item no 18 adalah 0, 37 maka dapat di ketahui bahwa validitas untuk item tersebut setelah di interpretasikan ke dalam koefisien korelasi, termasuk ke dalam Validitas

Validitas item nomor 19
No X Y X2 Y2 XY
1 1 20 1 400 20
2 1 18 1 324 18
3 0 17 0 289 0
4 0 17 0 289 0
5 0 17 0 289 0
6 1 17 1 289 17
7 1 16 1 256 16
8 1 16 1 256 16
9 1 16 1 256 16
10 1 16 1 256 16
11 1 16 1 256 16
12 1 16 1 256 16
13 1 16 1 256 16
14 1 15 1 255 15
15 1 15 1 255 15
16 1 15 1 255 15
17 1 15 1 255 15
18 1 15 1 255 0
19 1 15 1 255 15
20 1 14 1 196 14
21 1 14 1 196 14
22 1 14 1 196 0
23 1 14 1 196 14
24 0 14 0 196 14
25 1 13 1 169 13
26 0 13 0 169 0
27 1 13 1 169 0
28 1 13 1 169 0
29 1 13 1 169 13
30 1 13 1 169 0
∑ 25 456 25 7016 378

r_xy=(N ∑XY-(∑X)(∑Y))/(√({N∑X^2 ┤ )-(∑X)^2 ├ ,}{N∑Y^2-(∑Y)^2 } )

(30.378-(25).(456))/(√({30.25┤ )-(25)^2 ├ ,}{30.7016-(456)^2 } )
(11340-11400)/(√({750-625} ) {210480-207936} )
(-60)/(√({318000} ) {2544} )
(-60)/√563,91
(-60)/563,91
-0,106
Penapsiran validitas item no 19
Validitas item no 19 adalah -0,106 maka dapat di ketahui bahwa validitas untuk item tersebut setelah di interpretasikan ke dalam koefisien korelasi, termasuk ke dalam tidakValiditas

Validitas item nomor 20
No X Y X2 Y2 XY
1 1 20 1 400 20
2 1 18 1 324 18
3 1 17 1 289 0
4 1 17 1 289 0
5 1 17 1 289 0
6 0 17 0 289 17
7 1 16 1 256 16
8 0 16 0 256 16
9 0 16 0 256 16
10 0 16 0 256 16
11 0 16 0 256 16
12 0 16 0 256 16
13 1 16 1 256 16
14 0 15 0 255 15
15 1 15 1 255 15
16 0 15 0 255 15
17 0 15 0 255 15
18 0 15 0 255 0
19 1 15 1 255 15
20 1 14 1 196 14
21 0 14 0 196 14
22 0 14 0 196 0
23 0 14 0 196 14
24 0 14 0 196 14
25 0 13 0 169 13
26 0 13 0 169 0
27 0 13 0 169 0
28 1 13 1 169 0
29 1 13 1 169 13
30 0 13 0 169 0
∑ 12 456 12 7016 206

r_xy=(N ∑XY-(∑X)(∑Y))/(√({N∑X^2 ┤ )-(∑X)^2 ├ ,}{N∑Y^2-(∑Y)^2 } )

(30.206-(12).(456))/(√({30.12┤ )-(12)^2 ├ ,}{30.7016-(456)^2 } )
(6180-5472)/(√({360-144} ) {210480-207936} )
708/(√({216} ) {2544} )
708/√549504
708/741,28
0,955

Penapsiran validitas item no 20
Validitas item no 20 adalah 0, 955 maka dapat di ketahui bahwa validitas untuk item tersebut setelah di interpretasikan ke dalam koefisien korelasi, termasuk ke dalam Validitas

Reliabilitas dari keseluruhan soal
Tabel persiapan untuk menghitung Reliabilitas dari keseluruhan butir soal menggunakan pembelahan awal akhir :

No Nama Siswa X
1-10 Y
11-20 X2 Y2 XY
1 Deden Syarif H 10 10 100 100 100
2 Tuti Alawiyah 9 9 81 81 81
3 Aat Atmaja 10 7 100 49 70
4 Ari Adi Putera 10 7 100 49 70
5 Dede Muhidin 9 8 81 64 72
6 Ersad Purnama 9 9 81 81 81
7 Dede Hermawan 8 8 64 64 64
8 Hamdika Kamaludin 9 8 81 64 72
9 Burdan Shodiq 10 7 100 49 70
10 Sutrisno 8 9 64 81 72
11 Asep Utar S 8 9 64 81 72
12 Irfan Sofiana 9 8 81 64 72
13 Syifa Nur Azizah 9 7 81 49 63
14 Rini Komariah 8 8 64 64 64
15 Nendah Faridah 7 8 49 64 56
16 Rini Dwi Utari 9 7 81 49 63
17 Zubaikha 9 7 81 49 63
18 Oom Romilah 9 7 81 49 63
19 Agus Saefulloh 8 7 64 49 56
20 Moch Fattah 6 8 36 64 48
21 Bobi Herlambang 7 8 49 64 56
22 Hilmi Fuadudin 8 7 64 49 56
23 Siti Kholilah 8 7 64 49 56
24 Nur Ali Rianto 8 7 64 49 56
25 Oi Bukhari 7 7 49 49 49
26 Dewiati Adam S 9 5 81 25 45
27 Maya Maesaroh 9 5 81 25 45
28 Wulandari 8 5 64 25 40
29 Shoffa Fitrianur 7 6 49 36 42
30 Soni Supriatna 7 7 49 49 49
∑ 252 222 2148 1684 1866

r_xy=(N ∑XY-(∑X)(∑Y))/(√({N∑X^2 ┤ )-(∑X)^2 ├ ,}{N∑Y^2-(∑Y)^2 } )
(30.1866-(252).(222))/(√({30.2148┤ )-(252)^2 ├ ,}{30.1684-(222)^2 } )
(55980-55944)/(√({64440-63504} ) {50520-49284} )
36/(√({936} ) {1236} )
36/√1156896 = 36/1075,591 = 0,033
Setelah dimasukan kedalam rumus product moment di atas diperoleh r1/2 1/2= 0,033
Jika koefisien reliabilitas dimasukan kedalam rumus hitungnya maka :
r11 = 2 r1/2 1/2_
(1+ r1/2 1/2)

r11 = 2 (0,033)
(1 + (0,033)

r11 = 0,06_
1,033


r11 = 0,058
Penapsiran : Jadi, reliabilitas dari keseluruhan soal adalah = 0,058


Tingkat Kesukaran Dan Daya Pembeda

Tk = BA + BB
N
No1= 15+15
30
= 30 = 1 (Mudah)
30 Dp = BA - BB
½ N
No1= 15 -15
15
= 0= 0 (Di tolak)
15

Tk = BA + BB
N
No2= 14 +11
30
= 25 = 0,83(mudah)
30 Dp = BA - BB
½ N
No2= 14 -11
15
= 3 = 0,2 (Di tolak)
15


Tk = BA + BB
N
No3= 14 +13
30
= 27 = 0,9 (sukar)
30 Dp = BA - BB
½ N
No3= 14 - 13
15
= 1 = 0,006(Di tolak)
15

Tk = BA + BB
N
No4= 15 +15
30
= 30 = 1 (mudah)
30 Dp = BA - BB
½ N
No4= 15 -15
15
= 0= 0(Ditolak)
15
Tk = BA + BB
N
No5= 11 +9
30
= 20 = 0,66(sedang)
30 Dp = BA - BB
½ N
No5= 11-9
15
= 2= 0,13(Ditolak)
15
Tk = BA + BB
N
No6= 13 + 9
30
= 22 = 0,73 (Mudah)
30 Dp = BA - BB
½ N
No6= 13 -9
15
= 4= 0,26 (Di perbaiki)
15
Tk = BA + BB
N
No7= 8 +7
30
= 15 = 0,5 (sukar)
30 Dp = BA - BB
½ N
No7= 8 -7
15
= 1= 0,06 (Ditolak)
15

Tk = BA + BB
N
No8= 14 +12
30
= 26 = 0,86 (Mudah)
30 Dp = BA - BB
½ N
No8= 14 -12
15
= 2= 0,13 (Ditolak)
15
Tk = BA + BB
N
No9= 14 +14
30
= 28 = 0,93 (mudah)
30 Dp = BA - BB
½ N
No9= 14 -14
15
= 0= 0 (Ditolak)
15
Tk = BA + BB
N
No10= 15 + 14
30
= 29= 0,96 (Mudah)
30 Dp = BA - BB
½ N
No10= 15 -14
15
= 1= 0,06 (Ditolak)
15




Tk = BA + BB
N
No11= 14 +14
30
= 28 = 0,93 (mudah)
30 Dp = BA - BB
½ N
No11= 14-14
15
= 0= 0 (Ditolak)
15
Tk = BA + BB
N
No12= 12 +9
30
= 21= 0,7 (Sukar)
30 Dp = BA – BB
½ N
No12= \12-9
15
= 3= 0,2 (Ditolak)
15
Tk = BA + BB
N
No13= 12 +7
30
= 19 = 0,63 (sedang)
30 Dp = BA - BB
½ N
No13= 12 -7
15
= 5= 0,33 (Diterima dan diperbaiki)
15
Tk = BA + BB
N
No14= 8 +4
30
= 12= 0,4 (sukar)
30 Dp = BA - BB
½ N
No14= 8-4
15
= 4= 0,26 (Ditolak)
15
Tk = BA + BB
N
No15= 14 +14
30
= 28 = 0,93 (Mudah)
30
Dp = BA - BB
½ N
No15= 14-14
15
= 0= 0 (Ditolak)
15

Tk = BA + BB
N
No16= 13 + 11
30
= 24= 0,8(sukar)
30 Dp = BA - BB
½ N
No16= 13-11
15
= 2= 0,13 (Ditolak)
15

Tk = BA + BB
N
No17= 8 +1
30
= 9 = 0,3 (sukar)
30 Dp = BA - BB
½ N
No17= 8-1
15
= 7=0,46(baik)
15





Tk = BA + BB
N
No18= 15 +12
30
= 27= 0,9 (sukar)
30

Dp = BA - BB
½ N
No18= 15-12
15
= 3= 0,2 (Ditolak)
15

Tk = BA + BB
N
No19= 12 +13
30

= 25 = 0,83 (Mudah)
30 Dp = BA - BB
½ N
No19= 12-13
15
= -1= -0,06 (Ditolak)
15

Tk = BA + BB
N
No20= 8 +4
30
= 12 = 0,4 (sukar)
30 Dp = BA - BB
½ N
No20= 8-4
15
= 4= 0,26(di perbaiki)
15
BAB III
PENUTUP
 Setelah beberapa bulan kebelakang saya melakukan penelitian ke sekolah MA Persis 38 Padalarang untuk melaksanakan salah satu tugas yang diwajibkan oleh dosen mata kuliah evaluasi pendidikan sebagai salah satu syarat UTS. Penelitian yang saya lakukan di sekolah tersebut adalah melakukan uji coba soal mata pelajaran PAI kelas XII semester I dengan menggunakan tes objektif bentuk pilihan ganda (multiple choice item test). Tes bentuk objektif multiple choice item adalah salah satu bentuk tes objektif yang terdiri dari pertanyaan atau pernyataan yang sifatnya belum selesai, dan untuk menyelesaikannya harus dipilih salah satu atau (lebih) dari beberapa kemungkinan jawab yang telah disediakan pada tiap-tiap butir soal yang bersangkutan.
Alhamdulilah penelitian tersebut telah saya laksanakan dengan sepenuh hati dan sebagai bukti saya telah melakukan penelitian di sekolah kami lampirkan laporan-laporan hasil penelitian yang telah di tulis dalam Bab II di atas.

catatan : JANGAN DIBAJAK "jadikan sebagai referensi saja".
kalo anda membajak, berarti saya katakan anda BODOH .


0 komentar:

Posting Komentar

 

teks blog