Pages

Minggu, 01 Januari 2012

Test Objektif bentuk Multiple Choice Item


Test Objektif bentuk Multiple Choice Item sering dikenal dengan istilah test objektif pilihan ganda, yaitu salah satu bentuk test obyektif yang terdiri atas pertanyaan dan pernyataan yang sifatnya belum selesai, dan untuk menyelesaikannya harus dipilih salah satu (atau lebih) dari beberapa kemungkinanna jawaban yang telah disediakan pada tiap-tiap butir soal yang bersangkutan.
Contoh 1 : berbentuk pertanyaan
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !!
1.      Pada saat manakah bacaan Talbiyah dibaca oleh para jemaah haji?
A.     Sa’i                                    D. Berangkat ke Arafah
B.     Wukuf                    E. Ihram
C.     thawaf
Contoh 2 : Berbentuk pernyataan ( statement)
Pilihlah satu jawaban yang paling tepat !
1.      orang yang menggantikan puasa Ramadhan dengan memberi makan kepada fakir miskin, disebut membayar:
A.     Jariyah                    D. hibbah
B.     Fidiyah                   E. Wakaf
C.     Shadaqah

Seperti dapat diperiksa pada dua contoh di atas, maka test obyektif bentuk multiple choice item terdiri atas dua bagian, yaitu:
a)      Item atau soal, yang dapat berbentuk pertanyaan dan dapat pula berbentuk pernyataan.
b)      Option atau alternatif, yaitu kemungkinan-kemungkinan jawaban yang dapat dipilih oleh teste.
Option atau alternatif ini terdiri atas dua bagian, yaitu:
a.       Satu jawaban betul, yang biasa disebut kunci jawaban,
b.      Beberapa pengecoh atau distraktor, yang jumlahnya berkisar antara dua sampai lima buah.
Dalam perkembangannya, sampai  saat ini test objektif bentuk multiple choice item dapat di bedakan menjadi sembilan model, yaitu :  
a)      Model melengkapi lima pilihan
b)      Model asosiasi dengan lima atau empat pilihan
c)      Model melengkapi berganda
d)      Model analisis hubungan antarhal
e)      Model analisis kasus
f)        Model hal keculi
g)      Model  hubungan dinamik
h)      Model pemakaian Diagram, Grafik, atau Gambar.

a)    Test Objektif bentuk Multiple Choice Item Model melengkapi lima pilihan
Pada umumnya terdiri atas : kalimat pokok(=item) yang berupa pernyataan yang belum lengakp, diikuti oleh lima kemungkinan jawaban (alternatif) yang dapat melengkapi pernyataan tersebut. Tugas testee di sini adalah memilih salah satu di antara lima kemungkinan jawaban yang ada.
Contoh:
Daulah Bani Abbasiyah mencapai puncak kejayaan atau zaman keemasan pada masa pemerintahan…
A.     Umar bin Abdul Aziz
B.     Utsman bin Affan
C.     Yazid bin Mu’awiyah
D.     Harun al-Rasyid
E.      Al-Ma’mun                                                                                           (Kunci: D)

b)   Test Objektif bentuk Multiple Choice Item  Model asosiasi dengan lima atau empat pilihan
Tes bentuk ini terdiri dari lima atau empat judul/ istilah/ pengertian,  yang diberi tanda huruf abjad di depannya, dan diikuti oleh beberapa pernyataan yang diberi nomor urut di depannya, dan diikuti oleh beberapa pernyataan yang diberi nomor urut di depannya. Untuk tiap pernyataan tersebut testee diminta memilih salah satu judul / istilah/ pengertian yang berhuruf abjad, yang menurut keykinan teste adalah paling cocok (paling benar).
Contoh:
Untuk butir soal nomor 1 sampai dengan 5 berikut ini, cocokkanlah istilah yang terdapat di belakang huruf abjad, dengan pernyataan yang terdapat pada masing-masing soal!
A.     Dzalim        B. Fasiq           C. Kafir            D. Murtad        E. Riya
Soal:
1.         Orang yangtidak mengakui adanya Allah.
2.         Orang yang menempatkan sesuatu pada tempatnya.
3.         Orang yang keluar dari agama Islam.
4.         Orang yang tahu aturan dan kewajiban, tetapi tidak mau melakukannya.
5.         Suka pamer dan ingin dipuji orang.
(kunci: 1. C   2. A   3. D   4. B   5. E)
c)    Test Objektif bentuk Multiple Choice Item  Model melengkapi berganda
Butir soal sejenis ini pada dasarnya sama dengan Multiple Choice Item Model melengkapi lima pilihan, yaitu terdiri atas satu kalimat pokok yang yang tidak (belum) lengkap, diikuti dengan beberapa kemungkinan jawaban (bisa merupakan lima pernyataan dan bisa pula merupakan empat pernyataan). Perbedaannya adalah, bahwa pada butir soal jenis ini, kemungkinan jawaban betulnya bisa satu, dua, tiga, atau empat.
Contoh:
Tulislah:
A.       Bila (1), (2) dan (3) betul.
B.        Bila (1) dan (3) betul.
C.       Bila (2) dan (4) betul.
D.       Bila hanya (4) yang betul.
E.        Bila semuanya betul.
Soal:
1.         Hal-hal yang termasuk perbuatan thaharah adalah:
a)      Mandi
b)      Berwudlu
c)      Menghilangkan najis
d)      Membaca doa iftitah
d)   Test Objektif bentuk Multiple Choice Item  model analisis hubungan antar hal
Test Objektif bentuk Multiple Choice Item  biasanya terdiri atas satu kalimat pernyataan yang diikuti oleh satu kalimat keterangan. Kepada teste ditanyakan, apakah pernyataan itu betul, dan apakah keterangan itu juga betul. Jika pernyataan dan keterangan itu betul, testee harus memikirkan apakah pernyataan itu disebabkan oleh keterangan yang diberikan, ataukah pernyataan itu tidak disebabkan oleh keterangan tersebut?
e)    Test Objektif bentuk Multiple Choice Item Model analisis kasus
Butir soal jenis ini merupakan tiruan keadaan yang sebenarnya. Jadi seolah-olah testee dihadapkan kepada suatu kasus. Dari kasus tersebut, kepada teste ditanyakan mengenai hal dan kunci jawaban-jawaban itu tergantung pada tahu atau tidaknya testee dalam memahami kasus tersebut.
f)     Test Objektif bentuk Multiple Choice Item model hal kecuali
Model ini dikembangkan atas dasar asosiasi positif dan asosiasi negatif secara serempak.
Jika model semacam ini digunakan dalam tes hasil belajar, maka pada kolom sebelah kiri dicantumkan tiga macam gejala atau katagori (yakni A, b dan C); sedangkan pada k bentuk pilihan ganda, kolom sebelah kanan terdapat lima hal atau keadaan (yaitu 1, 2, 3, 4, dan 5), dimana empat diantaranya cocok dengan satu hal yang berada di sebelah kiri.

g)    Test Objektif bentuk Multiple Choice Item model hubungan dinamik
Tes ini adalah salah satu jenis tes objektif  bentuk pilihan ganda, yang menuntut kepada testee untuk memiliki bekal pengertian atau pemahaman tentang perbandingan kuantitatif dalam hubungan dinamik.
Dalam praktek model ini lebih sesuai diterapkan pada tes hasil belajar yang termasuk dalam kelompok mata pelajaran eksakta, seperti fisika, kimia, biologi dan sebagainya.
h)    Test Objektif bentuk Multiple Choice Item model perbandingan kuantitatif
Pada model perbandingan kuantitatif ini, yang perlu ditanyakan kepada testee adalah hafalan kuantitatif yang sifatnya fundamental dan di kemudian hari perlu hafal di luar kepala, di dalam profesinya, tanpa melihat buku, daftar atau table.
i)      Test Objektif bentuk Multiple Choice Item Model pemakaian Diagram, Grafik, atau Gambar
Pada test objektif bentuk multiple choice item model ini , terdapat gambar/ diagram / grafik / peta yang diberi tanda huruf abjad A, B, C, D dan sebagainya. Kepada teste ditanyakan tentang sifat/ keadaan/ hal-hal tertentu yang berhubungan dengan tanda-tanda tersebut.





0 komentar:

Posting Komentar

 

teks blog