Pages

Kamis, 26 Januari 2012

Memasang iklan milik orang lain atau milik kita sendiri ?

Memasang iklan milik orang lain atau milik kita sendiri?
Saya suka berkhayal seandainya blog saya ini banyak dikunjungi orang. Punya trafik ratusan hingga ribuan kunjungan per hari. Kalau itu terjadi, pasti blog saya ini punya nilai komersial tinggi. Dan saya bisa punya kesempatan besar untuk memperoleh banyak uang dari blog ini. Tapi sayang sekali, blog kesayangan saya ini belum pernah punya trafik yang menembus angka 50 kunjungan per harinya. Jangankan angka 50, untuk menembus angka 25 kunjungan per hari saja sudah ngos-ngosan. 

Hampir semua blogger memahami artinya mengkomersialkan blog. Ada yang setuju dan ada yang menolak. Tergantung pada tujuan awal si blogger saat memulai blogging. Tapi pada prinsipnya ada kesepakatan yang sama, blogging adalah hobby. Jika kemudian blog yang dikelolanya berubah menjadi blog komersil, yang penting tidak melenceng jauh dari prinsip blogging, yaitu menghasilkan content, bisa berupa tulisan maupun gambar. 

Setelah beberapa waktu lamanya menekuni blogging (ndak tau tekunnya yang bagaimana), akhirnya saya memutuskan untuk mengkomersialkan beberapa blog yang saya kelola. Termasuk blog ini. Saya juga kepingin merasakan penghasilan sebagai blogger. Kalau memang bisa, mengapa ditolak. Iya, kan. 

Awalnya saya ikut-ikutan menjadi publisher. Menayangkan iklan dari penyelenggara program PPC (Pay per Click) lokal. Berhubung pengunjung blog saya masih sedikit sekali (bahkan tidak ada yang mau mengunjungi blog saya sehingga saya harus main paksa. Wekekeke…), hasilnya bisa ditebak, saya jadi bosan menunggu revenue hingga pada batas minimal. Wis.., pokok’e bosen tenan lah. Semua blogger tentu sudah tahu persyaratan untuk sukses di bidang PPC, blog kita harus punya seabrek trafik per harinya. Kalau angka trafiknya cuma puluhan apa lagi satuan, ya siap-siap aja jadi bosan kayak saya. 

Misi saya ber-PPC-ria ternyata belum berhasil. Harus ada cara lain, fikir saya. Bagaimana kalau menawarkan space iklan pada orang lain? Tarif berdasarkan kesepakatan. Hitungannya per bulan. Tapi cara ini pun mensyaratkan jumlah kunjungan blog dalam angka yang seabrek juga. Kalau trafik masih sedikit banget, siapa yang mau pasang iklan? Eiittt…, tunggu dulu, masih ada koq yang mau pasang iklan di blog saya ini. Yaitu saya sendiri, wekekeke…. 

Ya sudah, saya mulai mencari-cari produk atau program bisnis apa yang bisa saya pasang iklannya di blog saya. Dan saya putuskan untuk mengikuti beberapa program bisnis online. Setelah melakukan aktifasi keanggotaan, otomatis saya berhak menjual lagi program atau produk yang sudah saya beli dari pengelolanya. Dari situ saya mendapatkan uang. Dan saya pun menjadi seorang reseller. Tanpa buang-buang waktu lagi, segera saya tempel iklannya di blog saya. Saya berpromosi di blog saya sendiri. Dan hasilnya, benar-benar mengejutkan. 

Sampeyan tahu tidak, blog ini belum pernah mendapat kunjungan yang menembus angka 50 kunjungan per hari. Tapi blog ini bisa menghasilkan ratusan ribu rupiah per bulannya. Belum sampai jutaan. Mungkin itu masih lama. Tapi yang penting blog ini sekarang bisa menghasilkan rupiah. Dan itu membuat saya makin rajin membuat posting. Karena dasarnya memang sudah hobby, sekarang malah bisa menghasilkan uang, ya sudah terpaksa saya tambah rajin menulis. 

Pada umumnya kunjungan ke blog ini berasal dari situs search engine. Khususnya pada pemakaian keyword tentang teks lagu, download mp3, dan pencarian program atau produk bisnis online yang memang sudah saya promosikan di blog ini. Jumlah kunjungan memang sedikit karena kemampuan saya dalam ber-SEO-ria memang sangat minim. Meskipun pengunjungnya hanya sedikit, tapi tepat pada sasaran. 

Beberapa program bisnis online yang saya ikuti sudah saya buatkan posting review-nya di blog ini. Jumlah posting seperti itu cukup banyak disini. Meskipun menggunakan bahasa promosi yang lugu dan sederhana, toh saya berhasil mengajak diantara pengunjung blog ini untuk menjadi pembeli. Sekedar info tambahan, dibawah ini beberapa program atau produk bisnis online yang saya promosikan di blog ini.

0 komentar:

Posting Komentar

 

teks blog