Pages

Minggu, 19 Juni 2011

KOMPETENSI KEPALA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP)


1.       Memiliki Landasan dan Wawasan Pendidikan


a.    Memahami landasan pendidikan: filosofi, disiplin ilmu (ekonomi, psikologi, sosiologi, budaya, politik), dan ilmiah.
b.    Memahami dan menghayati hakikat manusia, hakikat masyarakat, hakikat pendidikan, hakikat sekolah, hakikat guru, hakikat peserta didik dan hakikat proses belajar mengajar
c.    Memahami aliran-aliran pendidikan
d.    Menerapkan pendekatan sistem dalam sekolah
e.    Memahami, menghayati, dan melaksanakan tujuan dan fungsi pendidikan nasional
f.     Memahami kebijakan, perencanaan, dan program pendidikan nasional, propinsi, dan kabupaten/kota
g.    Memahami kebijakan, perencanaan, dan program pendidikan di SLTP

2.       Memahami Sekolah sebagai Sistem

a.  Menggunakan sistem sebagai pegangan cara berfikir, cara mengelola dan cara menganalisis sekolah
b.    Mengidentifikasi dan mengembangkan jenis-jenis input sekolah
c.    Mengembangkan proses sekolah (proses belajar mengajar, pengkoordinasian, pengambilan keputusan, pemberdayaan, pemotivasian, pemantauan, pensupervisian, pengevaluasian dan pengakreditasian).
d.    Meningkatkan output sekolah (kualitas, produktivitas, efisiensi, efektivitas, dan inovasi)
e.    Memahami dan menghayati Standar Pelayanan Minimal (SPM)
f.     Melaksanakan SPM secara tepat
g.    Memahami lingkungan sekolah sebagai bagian dari sistem sekolah yang bersifat terbuka

3.       Memahami Manajemen Berbasis Sekolah (MBS)

a.    Memahami dan menghayati hakikat otonomi pendidikan
b.    Memahami dan menghayati hakikat pendidikan berbasis masyarakat (community based education).
c.    Memahami dan menghayati arti, tujuan dan karakteristik manajemen berbasis sekolah (school based management)
d.    Memahami kewenangan sekolah dalam kerangka otonomi pendidikan
e.    Memahami, menghayati, dan melaksanakan tahap-tahap implementasi manajemen berbasis sekolah
f.     Mengevaluasi tingkat keberhasilan manajemen berbasis sekolah.

4.       Merencanakan Pengembangan Sekolah

a.    Mengidentifikasi dan menyusun profil sekolah
b.    Mengembangkan visi, misi, tujuan dan sasaran sekolah
c.    Mengidentifikasi fungsi-fungsi (komponen-komponen) sekolah yang diperlukan untuk mencapai setiap sasaran sekolah
d.    Melakukan analisis SWOT terhadap setiap fungsi dan faktor-faktornya
e.    Mengidentifikasi dan memilih alternatif-alternatif pemecahan setiap persoalan
f.     Menyusun rencana pengembangan sekolah
g.    Menyusun program, yaitu mengalokasikan sumberdaya sekolah untuk merealisasikan rencana pengembangan sekolah
h.    Menyusun langkah-langkah untuk merealisasikan rencana pengembangan sekolah
i.     Membuat target pencapaian hasil untuk setiap program sesuai dengan waktu yang ditentukan (milestone)

5.       Mengelola Kurikulum

a.    Memfasilitasi sekolah untuk membentuk dan memberdayakan tim pengembang kurikulum
b.    Memberdayakan tenaga kependidikan sekolah agar mampu menyediakan dokumen-dokumen kurikulum
c.    Memfasilitasi guru untuk mengembangkan standar kompetensi setiap mata pelajaran
d.    Memfasilitasi guru untuk menyusun silabus setiap mata pelajaran
e.    Memfasilitasi guru untuk memilih buku sumber yang sesuai untuk setiap mata pelajaran
f.     Mengarahkan tenaga kependidikan untuk menyusun rencana dan program pelaksanaan kurikulum
g.    Membimbing guru dalam mengembangkan dan memperbaiki proses belajar mengajar
h.    Mengarahkan tim pengembang kurikulum untuk mengupayakan kesesuaian kurikulum dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (ipteks), tuntutan dan kebutuhan masyarakat, dan kebutuhan peserta didik
i.     Menggali dan memobilisasi sumberdaya pendidikan
j.     Mengidentifikasi kebutuhan bagi pengembangan kurikulum lokal
k.    Mengevaluasi pelaksanaan kurikulum

6.       Mengelola Tenaga Kependidikan

a.    Mengidentifikasi karakteristik tenaga kependidikan yang efektif
b.    Merencanakan tenaga kependidikan sekolah (permintaan, persediaan, dan kesenjangan)
c.    Merekrut, menyeleksi, menempatkan, dan mengorientasikan tenaga kependidikan baru
d.    Mengembangkan profesionalisme tenaga kependidikan
e.    Memanfaatkan dan memelihara tenaga kependidikan
f.     Menilai kinerja tenaga kependidikan
g.    Mengembangkan sistem pengupahan, reward, dan punishment yang mampu menjamin kepastian dan keadilan
h.    Melaksanakan dan mengembangkan sistem pembinaan karir
i.     Memotivasi tenaga kependidikan
j.     Membina hubungan kerja yang harmonis
k.    Memelihara dokumentasi personel sekolah atau mengelola administrasi personel sekolah
l.     Mengelola konflik
m.  Melakukan analisis jabatan dan menyusun uraian jabatan tenaga kependidikan
n.    Memiliki apresiasi, empati, dan simpati terhadap tenaga kependidikan

7.       Mengelola Sarana dan Prasarana

a.  Mengupayakan ketersediaan dan kesiapan sarana dan prasarana sekolah (laboratorium, perpustakaan, kelas, peralatan, perlengkapan, dsb.)
b.    Mengelola program perawatan preventif, pemeliharaan, dan perbaikan sarana dan prasarana
c.    Mengidentifikasi spesifikasi sarana dan prasarana sekolah
d.    Merencanakan kebutuhan sarana dan prasarana sekolah
e.    Mengelola pembelian/pengadaan sarana dan prasarana serta asuransinya
f.     Mengelola administrasi sarana dan prasarana sekolah
g.    Memonitor dan mengevaluasi sarana dan prasarana sekolah

8.       Mengelola Kesiswaan

a.    Mengelola penerimaan siswa baru
b.    Mengelola pengembangan bakat, minat, kreativitas dan kemampuan siswa
c.    Mengelola sistem bimbingan dan konseling yang sistematis
d.    Memelihara disiplin siswa
e.    Menyusun tata tertib sekolah
f.     Mengupayakan kesiapan belajar siswa (fisik, mental)
g.    Mengelola sistem pelaporan perkembangan siswa
h.    Memberikan layanan penempatan siswa dan mengkoordinasikan studi lanjut

  9.      Mengelola Keuangan

a.  Menyiapkan anggaran pendapatan dan belanja sekolah yang berorientasi pada program pengembangan sekolah secara transparan
b.    Menggali sumber dana dari pemerintah, masyarakat, orangtua siswa dan sumbangan lain yang tidak mengikat
c.    Mengembangkan kegiatan sekolah yang berorientasi pada income generating activities
d.    Mengelola akuntansi keuangan sekolah (cash in and cash out)
e.    Membuat aplikasi dan proposal untuk mendapatkan dana dari penyandang dana
f.     Melaksanakan sistem pelaporan penggunaan keuangan

10.     Mengelola Hubungan Sekolah-Masyarakat

a.  Memfasilitasi dan memberdayakan Dewan Sekolah/Komite Sekolah sebagai perwujudan pelibatan masyarakat terhadap pengembangan sekolah
b.    Mencari dan mengelola dukungan dari masyarakat (dana, pemikiran, moral dan tenaga, dsb) bagi pengembangan sekolah
c.    Menyusun rencana dan program pelibatan orangtua siswa dan masyarakat
d.    Mempromosikan sekolah kepada masyarakat
e.    Membina kerjasama dengan pemerintah dan lembaga-lembaga masyarakat
f.     Membina hubungan yang harmonis dengan orangtua siswa

11.     Mengelola Kelembagaan

a.    Menyusun sistem administrasi sekolah
b.    Mengembangkan kebijakan operasional sekolah
c.    Mengembangkan pengaturan sekolah yang berkaitan dengan kualifikasi, spesifikasi, prosedur kerja, pedoman kerja, petunjuk kerja, dsb.
d.    Melakukan analisis kelembagaan untuk menghasilkan struktur organisasi yang efisien dan efektif
e.    Mengembangkan unit-unit organisasi sekolah atas dasar fungsi

12.    Mengelola Sistem Informasi Sekolah

a.  Mengembangkan prosedur dan mekanisme layanan sistem informasi, serta sistem pelaporan
b.    Mengembangkan pangkalan data sekolah (data kesiswaan, keuangan, ketenagaan, fasilitas, dsb)
c.    Mengelola hasil pangkalan data sekolah untuk merencanakan program pengembangan sekolah
d.    Menyiapkan pelaporan secara sistematis, realistis dan logis
e.    Mengembangkan SIM berbasis komputer

13.     Memimpin Sekolah

a.    Memahami teori-teori kepemimpinan
b.    Memilih strategi yang tepat untuk mencapai visi, misi, tujuan, dan sasaran sekolah
c.    Memiliki power dan kesan positif untuk mempengaruhi bawahan dan orang lain

0 komentar:

Posting Komentar

 

teks blog